BeritaBerita dan CeritaSolouwe

Kembali Berjualan Pascabencana

Setelah sempat berhenti pasca bencana gempa bumi pada 28 september 2018 lalu, Ramna; salah satu masyarakat Desa Soulowe Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, telah kembali berjualan. Pengetahuannya untuk membuat salah satu jenis jajanan; siomay, yang ia pelajari secara otodidak melalui internet itu ia manfaatkan untuk menambah penghasilan.

Ibu satu anak ini memanfaatkan halaman depan rumah orangtuanya yang berada di RT 2 Dusun 1 Desa Soulowe ini sebagai tempat menjajakan jualannya. Letaknya yang berada tepat di sisi jalan utama desa ia anggap sangat strategis karena banyak orang berlalu-lalang.
Soulowe adalah salah satu desa dengan kerusakan cukup parah di Kabupaten Sigi yang terdampak gempa dengan kekuatan 7,4 SR beberapa bulan lalu.

Sampai cerita ini ditulis, sebagian warganya terutama yang menggantungkan hidup dari bertani dan buruh tani, masih belum bisa kembali menggarap lahannya. Ini karena tidak adanya air yang mengalir di irigasi desa yang biasa digunakan untuk mengaliri lahan pertanian, akibat dari rusaknya irigasi yang juga berdampak pada beberapa desa lainnya.

Ramna adalah salah satu praktik contoh baik masyarakat pascabencana. Dengan kembalinya ia berjualan adalah bentuk kesadaran, kehidupan harus terus dilanjutkan.

Lihat Lainnya

Artikel terkait

Tinggalkan Komentar

  Berlangganan  
Notify of
Close