BeritaBerita dan Cerita

MDMC Hibur Anak Dengan Sekolah Ceria

Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) mendirikan Sekolah Ceria di setiap pos pelayanan (posyan), yang ada di delapan titik di wilayah terdampak bencana, yakni Palu, Sigi dan Donggala, Sabtu (10/11/2018). Sekolah Ceria yang digarap merupakan cluster psikososial berbasis alam, karena bangunan sekolah utama hancur akibat gempa dan tsunami.

Sekolah Ceria dibuat dengan tujuan sebagai wadah bimbingan anak-anak yang terkena dampak bencana, agar kebiasaan sekolah yang setiap hari dilakukan, tidak terputus.
“Selain mengisi aktivitas formal, kami sebagai relawan ingin membuat anak-anak tidak merasa trauma atas kejadian yang menimpanya, dengan cara bermain sambil belajar,” ujar Sari, salah seorang relawan MDMC.

Program sekolah ceria kata dia, diisi dengan outdoor learning (pembelajaran luar ruangan), bimbingan belajar mata pelajaran sekolah dan sebagai program inti adalah bimbingan ibadah, agar siswa bisa memperdalam pengetahuan agamanya.
“Awal kami membuat program bimbel ini, karena melihat kenyataan, anak-anak sering datang dan bermain di posko MDMC Pantoloan, sehingga kami berinisiatif untuk membuat program bimbel, supaya belajar dan bermainnya bisa seimbang,” jelasnya.

Sistem bimbel ini lanjutnya, dibuat dengan metode belajar mengajar yang santai. Anak-anak sangat antusias, karena metode belajar mengajar yang diterapkan, membuat anak-anak tidak bosan dan cepat menangkap pelajaran.

“Hal yang paling ditunggu anak-anak adalah aktivitas bermain di sore hari, yang kami buat untuk membuat mereka lebih mengoptimalkan kemampuan bersosialisasi dengan teman-temannya, agar hubungan mereka lebih akrab. Selain itu, aktivitas ini adalah sebagai wadah untuk meningkatkan semangat dan mengembalikan keceriaan anak-anak dari trauma yang mereka alami pasca bencana,” ujarnya.

Selain Sekolah Ceria, pihak relawan juga mendirikan musalah darurat, yang menjadi tempat ibadah dan sebagai tempat untuk belajar baca tulis Al Quran (TPA) untuk anak-anak, remaja dan ibu-ibu.***

0 0 votes
Article Rating
Lihat Lainnya

Artikel terkait

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Back to top button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x