BeritaBerita dan Cerita

Penerima Tunjangan Harus Terdaftar di Dapodik

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjelaskan, tunjangan khusus kepada guru, adalah bantuan yang diberikan kepada semua guru yang terdata namanya dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Tujuannya kata dia, agar semua guru dapat melaksanakan tugasnya dengan tenang dan dapat termotivasi untuk mengejar ketertinggalan materi pelajaran.

Hal tersebut disampaikan Ansyar Sutiadi, Minggu (25/11/2018), menyikapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat, terkait data mana yang menjadi acuan daftar penerima tunjangan tersebut. Banyak yang mempersoalkan mengapa ada sebagian guru dari wilayah terdampak, yang namanya tidak tercantum dalam daftar penerima tunjangan tersebut.

“Daftar penerima bantuannya menggunakan data Dapodik, agar bantuan ini merata dan dirasakan manfaatnya oleh semua guru, karena semua daerah di kota terdampak bencana, baik yang berskala berat, sedang dan ringan,” ujarnya.

Terkait mekanisme pencairan kata dia, dilakukan berdasarkan sistem, dan laporan dari kepala sekolah masing-masing. Selama guru tersebut masuk dalam Dapodik, maka akan menerima tunjangan dimaksud.

“Karena sistem yang mengatur, maka dananya cair bertahap, dan langsung masuk ke rekening masing-masing guru dan tenaga kependidikan,” ujarnya.

Ansyar menambahkan, tunjangan ini adalah bentuk perhatian luar biasa Mendikbud kepada guru dan tenaga kependidikan. Ansyar berharap, mari kita syukuri nikmat yang diberikan dan apabila terjadi keterlambatan, harap dimaklumi, karena jumlah penerima ribuan orang dan sesama insan pendidikan harus saling peduli kepada sahabatnya yang belum terdata dalam Dapodik di sekolah masing-masing.

“Semoga info ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjawab semua berita yang beredar di masyarakat, khusunya para guru dan tenaga kependidikan,” tutupnya.***

0 0 votes
Article Rating
Lihat Lainnya

Artikel terkait

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Agustina

Mengenai tunjangan untuk korban gempa ini, kenapa Guru Paud tidak mendapatkan tunjangan? Tunjangan ini hanya untuk guru TK saja. Apa kami sebagai Guru Paud tidak dianggap sebagai seorang pendidik?

Dian

Guru yg trdaftar di dapodik pun tdk dapat bantuan.

Back to top button
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x